Search

Perbedaan Idol Grup Dengan Girl Band | KHUSUSNYA JKT48 |

Diposting oleh Unknown


all about Idol Group

Pengertian:
Idol Group adalah wadah bagi para gadis yg ingin menjadi idola, kemampuan mereka (dalam hal ini menyanyi, menari, akting, bertingkah-laku, dll) dilatih, diasah serta dikembangkan sedemikian rupa agar mereka bisa lebih percaya diri dalam dunia hiburan. Tentunya mereka juga nantinya akan tampil menyanyi dan menari serta mengeluarkan lagu-lagu, tapi tidak hanya itu mereka juga akan dipromosikan oleh pihak manajemen agar kelak mereka bisa berdiri sendiri (solo karir, dsb).Member yang sudah merasa siap atau dirasa siap (atau bisa juga karena faktor umur) untuk memasuki dunia hiburan secara individual akan dinyatakan lulus dan akan digantikan oleh Generasi selanjutnya dan terus seperti itu.

Rekrutmen dan Debut:
Member dari sebuah Idol Group direkrut melalui proses audisi baik secara terbuka maupun secara tertutup. ,Setelah terpilih member kemudian dilatih dan tidak lama kemudian langsung diperkenalkan pada publik bahkan langsungmelakukan pementasan misalnya. Nah hal ini lah yang dikenal sebagai pembedai Idol Group dibanding Girl Band dan sejenisnya, karena GB biasanya dilatih hingga matang dan sudah dalam format jadi. Sedangkan yang ditawarkan Idol Group kepada publik bukanlah seorang Idol yang sudah menjadi bintang yang komplit tetapi sebuah proses pencapaian seorang Idol yang tadinya bukan siapa siapa hingga kemudian menjadi Idola yang sesungguhnya dimasa nanti. Dalam proses ini tentulah akan melibatkan unsur emosional, jatuh bangun dan perjuangan dimana antara Idol dan fans terjadi sinergi saling mendukung dan menguatkan hingga tercipta "bond" dan "sense of belonging" antara Idol dan fans. Dan ini yang menjadi kekuatan utama sebuah Idol Group.

Rules:
 Keunikan lain Idol Group adalah aturan nya yang ketat dan penuh disiplin. Salah satu butir yang paling menonjol dan kerap memicu kontroversi adalah aturan "No-Boy Friend". Selain itu ada beberapa peraturanyang berlaku dalam Idol Group yang kerap disebut sebagai Golden Rules. Golden Rules sebenarnya dibuat oleh Yasushi Akimoto (Produser AKB48) sekitar tahun 80-an dimana dia pernah membuat Group Idol yg bernama Onyanko Club, walau tidak sesukses AKB48 sekarang (dimana salah satu mantan membernya kini menjadi istrinya), disitu dia membuat Golden Rules yg sampai sekarang dipakai atau dijadikan standar peraturan sebuah Group Idol di Jepang (namun ada sedikit perbedaan di tiap2 agensi Group Idol). 

Ada 7 peraturan mendasar yg hingga kini hampir semua agensi Group Idol memakainya, yaitu :
1. Pergi ke diskotik dilarang
2. Menulis tanda tangan pribadi dilarang (kecuali jika pada barang marchendise yang akan di jual).
3. Tidak boleh mabuk"an dan merokok.
4. Tidak boleh pacaran.
5. Jika pergi harus dengan penjaga atau wali
6. Sekolah di utamakan.
7. Tidak boleh ber-pakaian mencolok atau make-up yang mencolok.

notes:Peraturan no 7 itu subjektif sesuai dgn perubahan waktu dan style fashion, namun intinya mrk dilarang berpakaian yg dpt menyebabkan skandal publik. Karena sekali lagi Behaviour dan Attitude member menjadi salah satu Selling Point yang kuat dalan sebuah Idol Group.Sebagian orang akan berpikir soal hak privasi dan sebagainya, akan tetapi inilah dunia Idol dimaana Citra Diri dan Behaviour menjadi sesuatu yang amat berharga baik bagi sang Idol maupun bagi fans.

jadi kalo ada yang mau bilang Idol Group = GirlBand silahkan baca dulu tulisan di atas baik"

kalau masih mau bilang sama silahkan baca artikel" di bawah ini:

Perbedaan Idol Grup Dengan Girl Band | KHUSUSNYA JKT48 |
kalo masih juga mau bilang Idol Group = GirlBand ,ya udah lah~ terserah~

12 komentar:

  1. ga ada bedanya , sama2 main pelem dan joged2

    BalasHapus
  2. Krs kepala banget...

    BalasHapus
  3. sama aja,, keduanya suka lipsing,,

    BalasHapus
  4. konsepnya emang beda, tapi menurut ane jkt48 sah-sah aja dibilang girlband, karena output seni yang dihasilkan sama kayak girlband (mari kita kesampingkan proses dulu). Suka kesel aja sih kalo ada orang yang ngamuk jkt48 dibilang girlband sama orang, lebay amat dah sama-sama juga, yang dinikmatin mah seninya om, bukan sebutannya wkwk. anyway gw vvota juga kok slow... wota cinta damai tapi wkwk

    BalasHapus
  5. Kalau soal umur apa ada batas minimal dan maksimal ? Lagin walaupun sekolah diutamakan apa udah dijamin ngga ganggu kak? Ok tx,

    BalasHapus
  6. JKT 48 adalah girlband terbaik. Elu pada kagak protes... Lah sekarang banyak yang gk terima klo "Idolgroup" mereka dibilang girlband. lagipula gk ada tuh yang namanya syarat syarat menjadi "Idolgroup". Ini mah akal akalan elu elu pada aje... Emang pingin idolanya dianggap "beda

    BalasHapus
  7. Mungkin ini yg buat aku sekarang tertarik dengan jkt48 . Yg memang ternyata berbedadengan girl band umum nya (soalnya dari awal gw g tertarik sama girl band kpop atau indonesia. Kemarin g sengaja liat di utube konser dengan akb48 jadi penasaran . Kok kayaknya nih grup berbeda)

    BalasHapus

IP